Jumat, 08 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas               : VIII
Semester           : 2
Alokasi Waktu       : 2 x 40 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara :
6. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui    kegiatan diskusi

B.    KOMPETENSI DASAR
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)

C.    INDIKATOR

1.    Kognitif
a.    Produk
    Menjelaskan konsep tentang novel 
b.    Proses
    Membaca kutipan novel remaja dan menentukan keunggulan dan kekurangannya dengan alasan yang logis
2.    Psikomotor
    Mampu mendata masalah-masalah  yang perlu dikomentari
    Mampu mengomentari kutipan novel remaja terjemahan dengan alasan yang logis
3.    Afektif
a.    Karakter
    Dapat dipercaya
    Rasa hormat dan perhatian
    Tekun
    Tanggung jawab
    Berani
b.    Keterampilan sosial
    Bertanya dan memberi tanggapan dengan bahasa yang baik dan benar
    Menyumbang ide
    Menjadi pembicara dan pendengar yang apresiatif
    Membantu teman yang mengalami kesulitan




D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
a.    Produk
1)    Secara mandiri siswa dapat  mengomentari kutipan novel remaja terjemahan , dengan mengerjakan LKS 1: produk
2)    Secara mandiri siswa dapat memberikan tanggapan dengan alasan yang logis tentang data masalah-masalah yang perlu dikomentari dan kemampuan mengomentari novel remaja terjemahan  yang didengar/disajikan LKS 1: produk

b.    Proses
Siswa diberikan lembar kerja yang berisi kutipan novel remaja terjemahan yang terdapat dalam LKS 2: proses. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat
1)    Mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari
2)    Mengomentari kutipan novel remaja terjemahan dengan alasan yang logis
Psikomotor
    Memberi tanggapan dengan alasan yang logis mengenai data masalah-masalah yang perlu dikomentari dan komentar novel remaja terjemahan dengan alasan logis yang didengar/disajikan
    Membacakan hasil komentar novel remaja terjemahan yang disediakan dalam LKS 2: psikomotor
Afektif
a.    Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, dan berani.

b.    Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan dalam mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari dan kemampuan mengomentari novel remaja terjemahan, bertanya dan memberi tanggapan dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, menjadi pembicara dan pendengar yang apresiatif, membantu teman yang mengalami kesulitan





   
E.    MATERI PEMBELAJARAN

    Membaca kutipan novel remaja terjemahan kemudian bertanya jawab tentang masalah yang ada.
    Menunjukkan kekurangan, keunggulan, dengan alasan yang logis.

F.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Model pembelajaran    : Demonstrasi
Metode pembelajaran  : Penugasan, Ceramah, Diskusi ,Tanya jawab

G.    MEDIA/ALAT/BAHAN

Lembar Kerja Siswa, kertas HVS/buffalo dan spidol

H.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.    Kegiatan Awal ( ±15 menit)
1.    Memotivasi siswa
2.    Apersepsi dengan menggali pengalaman siswa tentang kutipan novel remaja terjemahan yang pernah dipelajari
3.    Menjelaskan kompetensi dan indikator yang akan dicapai
4.    Mengemukakan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B.    Kegiatan Inti ( ±55 menit)
Tahap 1
5.    Siswa duduk dalam kelompok-kelompok kecil/mandiri yang terdiri atas perorang/beberapa orang anggota.
6.    Siswa membaca teks kutipan novel remaja terjemahan yang disiapkan guru dalam LKS.
7.    Siswa menganalisis/berdiskusi dalam kelompok untuk membahas masalah-masalah yang ada dalam kutipan novel remaja terjemahan.
8.    Siswa secara mandiri/berdiskusi dalam kelompok untuk menjelaskan masalah-masalah yang ada dalam kutipan novel remaja terjemahan yang telah dikerjakan.
9.    Secara bergiliran siswa mempresentasikan hasil kerja mandiri/kelompok di depan kelompok lain untuk ditanggapi dan didiskusikan.
Tahap 2
10.    Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan isi bacaan dengan menerapkan prinsip saling menyumbang ide. Siswa juga menunjukkan sikap sebagai pendengar yang apresiatif ketika temannya menyumbangkan ide.
11.    Siswa menyimpulkan masalah-masalah dari kutipan novel remaja terjemahan yang dikomentari berdasarkan pembacaan hasil kerja kelompok, seraya membantu teman sejawat yang mengalami kesulitan. 
12.    Siswa menunjukkan apresiasi terhadap hasil kerja teman kelompok lain.
C.    Kegiatan Akhir ( ± 10 menit)
13.    Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
14.    Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi.
15.    Guru memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa.
16.    Guru memberikan pengahargaan terhadap hasil belajar siswa.
17.    Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas yaitu mengomentarii kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) yang lain.

I.    SUMBER PEMBELAJARAN
1.    Novel remaja terjemahan
2.     Buku Bahasa Indonesia kelas VIII Penerbit Erlangga

J.    PENILAIAN


Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian
    Teknik Penilaian    Bentuk Penilaian     Instrumen
•    Mampu mendata tahap-tahap alur cerita
•    Mampu menentukan alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap  tahapannya
    Tes tulis

Tes tulis
    Uraian

Uraian        Tulislah tahap-tahap alur cerita yang terdapat di dalam suatu cup¬likan novel yang kamu dengarkan!
    Tulislah alur cuplikan novel yang kamu dengarkan!











BAHAN AJAR
Novel adalah cerita prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang disekelilingnya, dengan menonjolkan watak dan sifat setiap perilaku. Berdasarkan isi, tujuan dan maksud pengarang, novel dapat dibedakan atas novel bertendensi/bertujuan, novel sejarah, novel adat, novel anak-anak/remaja, novel politik, novel psikologis, dan novel percintaan.
Berdasarkan keaslian bahasanya, novel dibedakan atas novel asli dan novel terjemahan. Untuk dapat mengomentari  sebuah novel, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
1)    Bacalah novel secara keseluruhan!
2)    Tunjukkan keunggulan, kekurangan, pertanyaan, pendapat, kritik, ataupun saran terhadap  isi novel (unsur intrinsik dan ekstrinsik novel) dengan alasan yang logis.

Berikut disajikan sebuah teks bacaan. Bacalah secara saksama kutipan novel di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaannya!

Temanku Pergi Belajar

Jika pagi-pagi aku akan berangkat sekolah, seorang teman datang menjemputku. Biasanya, aku baru bangun betul kalau dia datang. Karena itu, dia harus menungguku mandi. Sisanya, pamanlah yang menemaninya. Paman sudah lama keluar dari sekolah rakyat, sedang aku baru kelas empat. Paman tidak melanjutka sekolah karena perang.
Temanku ini sangat suka merokok, yang seharusnya belum disukai oleh anak-anak sebaya aku atau dia. Dan oleh orangtua pun selalu diceritakan pada kami tentang keburukan –keburukan merokok, kecuali merusak kesehatan juga menambah kebebalan seseorang.

Tugas:
1)    Tentukan tema dari kutipan novel remaja terjemahan di atas!
2)    Kemukakan kelebihan dan kekurangan novel tersebut dengan alasan yang logis?











Nama:                 NIM:            Tanggal:


LKS 1 = Kognitif: Produk


1.    Jelaskan pengertian novel!








Skor:………………

























Nama:                NIM:             Tanggal:


LKS 2 = Kognitif: Proses

Berdasarkan hasil bacaan, buatlah kesimpulan dari kutipan novel yang berjudul ‘’ temanku pergi belajar’’

Tugas
1)    Carilah sebuah novel remaja/terjemahan di perpustakaan sekolah atau perpustakaan yang ada di daerahmu!
2)    Bacalah novel itu, kemudian diskusikan dengan teman kelompokmu tentang masalah-masalah yang ada dalam novel itu!
3)    Tunjukkan keunggulan, kekurangan, pendapat, kritik, ataupun saranmu dengan alasan yang logis!










LKS 3 = Afektif: Perilaku Berkarakter
PETUNJUK:
Berikan penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut:

A =  Sangat baik
B =  Memuaskan
C =  Menunjukan kemajuan
D =  Memerlukan perbaikan

FORMAT PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER

 No    Rincian tugas kinerja (RTK)    Memerlukan Perbaikan (D)    Menunjukan Kemajuan (C)    Memuaskan (B)    Sangat Baik (A)
1.    Dapat dipercaya               
2.    Rasa Hormat dan Perhatian               
3.    Tekun               
4.    Tanggung Jawab               
5.    Berani               

Hari, Tanggal:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar