RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan :
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B. KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
• unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
• unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
NO | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif | |
1 | Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik | Bersahabat/Komunikatif | Kepemimpinan | |
2 | Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman | Tanggung jawab | ||
3 | Menyampaikan unsur-unsur intrinsik(tema, penokohan, konflik, amanat dll.) | |||
4 | Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
- Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
- Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
- Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.
F. METODE PEMBELAJARAN :
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Demonstrasi
G. STRATEGI PEMBELAJAR
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
• Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. | ||
• Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) | ||
• Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | ||
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman | ||
• Siswa dapat Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya. | ||
• Siswa Menyimpulkan tentangsiaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
|
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No | Kegiatan Belajar | Nilai Budaya Dan Karekter Bangsa |
1 |
Kegiatan Awal :
| Bersahabat/ komunikatif |
2 | Kegiatan Inti : Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi :
Dalam kegiatan elaborasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
| Tanggung jawa |
3 |
Kegiatan Akhir :
| Bersahabat/ komunikatif |
I. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
- Buku cerita/kaset
- LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
- Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
- Tugas individu
- Ulangan
Bentuk Instrumen:
- Uraian bebas
- Pilihan ganda
- Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar